Mengenal Bahan-Bahan untuk Membuat Kue


Untuk pemula yang masih belajar masak atau membuat kue mungkin masih asing dengan beberapa bahan dasar dalam pembuatan kue, berikut ini penjelasan singkat mengenai bahan dalam pembuatan kue.

.

Sejak manusia mengenal api, sejak itu manusia memasak makanan. Pada awalnya, teknik memasak yang paling sederhana adalah dengan cara dibakar. Teknik memasak seperti ini semakin berkembang, sehingga kita mengenal teknik memasak yang paling up to date saat ini yaitu memasak dengan microwave dan panas matahari.

Perkembangan ini berlangsung termasuk jenis makanan nenek moyang kita. Pada zaman dahulu, menu yang dikenal manusia terdiri dari daging, ikan, sayuran mentah, kemudian dipanggang, direbus, ditambah saus, dan sebagainya.

CMA Food sebagai supplier bahan makanan jual bahan kue berkualitas dengan pemesanan banyak, kami sudah terbiasa menyuplai bahan untuk kue ke berbagai perusahaan dan bisnis seperti hotel, restoran, cafe, toko kue, dan industri makanan lainnya.

Bagi pemula, sering bingung membaca resep, kue, roti, kue atau minuman. Banyak arti dari bahan pembuatan kue yang tidak dipahami. Seperti apa ragi itu, apa itu baking powder dan apa manfaat dari bread improver. Penjelasan berikut semoga membantu para pemula untuk bisa membedakan manfaat dan manfaat bahan kue.

Ragi Instan/Ragi/Pang Donut

Donat ragi instan/ragi/pink adalah satu nama dengan isian yang sama. Di dalam ragi (ragi) mengandung mikroorganisme hidup bersel satu dari keluarga jamur atau ragi, spesies Saccharomyces cerevisiae. Pada adonan roti, ragi berguna untuk memfermentasikan adonan agar adonan dapat mengembang dan membentuk serat/pori-pori roti. Dalam proses fermentasi, ragi mengubah gula dan karbohidrat dalam adonan menjadi gas karbon dioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat inilah yang membuat adonan mengembang dan memiliki aroma khas roti saat dipanggang.

Pembuat Roti

Di pasaran lebih dikenal dengan Unipan atau Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar roti lebih lembut, tekstur lebih lembut, fermentasi lebih cepat dan roti memiliki serat halus. Penguat roti mengandung penguat gluten (asam askorbat), pelunak gluten (Sodium metabisulfite), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amilase), dan pengemulsi (surfaktan atau lesitin). Bentuk bread improver adalah bubuk berwarna coklat muda. Bisa dibeli di toko yang menjual berbagai bahan kue.

SP

Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah jatuh saat dikocok atau biasa disebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk kue, bolu atau kue lainnya yang menggunakan teknik telur, dikocok hingga kaku. Kandungan kimia SP adalah Ryoto ester (gula ester). Dimana esternya adalah asam lemak seperti asam stearat, palmitat, dan oleat.

Krim Tartar

Bahan ini biasanya ditambahkan sambil mengocok putih telur dalam proses pembuatan kue, kue bolu, meringue atau kue yang membutuhkan kocokan putih telur hingga kaku. Komposisi cream of tar tar adalah garam kalium (potassium) yang berasal dari asam tartarat, yang berbentuk kristal atau bubuk sehingga memiliki nama kimia potassium tartarat acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate.

71 Views

Komentar