Tetap Menebar Manfaat dan Berbagi Peduli di masa Pandemi, LazisNU Kertosono Gelar Khitan Massal


Nganjuk. JNI. Pandemi Covid-19 yang sedang melanda tidak menghambat program kepedulian Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama Kecamatan Kertosono. Tahun sebelumnya, LazisNU Kertosono secara rutin melaksnakan Porgram Khitanan Massal secara meriah dengan peserta yang cukup banyak. Tahun 2020 ini bersamaan dengan Pandemi yang masih berlangusung serta ketentuan Protokoler Kesehatan dan pembatasan aktifitas di masyarakat, Minggu (29/6/2020) Lazisnu kertosono menggelar Khitanan Ceria yang dilaksanakan di Lingkungan Masjid An Nur Perumahan Tembarak Kertosono.

Meski dilaksanakan secara sederhana dan terbatas, Kualitas penanganan Khitanan tidak mengalami perubahan dengan Dokter dan tenaga medis yang berkualitas.Khitanan Massal dengan kosnep lebhih lebih friendly Happy ini ditangani dengan mematuhi standar protokoler kesehatan sehingga 52 Peserta Khitan akan dibagi menjadi 2 tahap tanggal 28 Juni 2020 dan 5 Juli 2020 yang dilaksanakan di lokasi yang berbeda pula yaitu di Masjid Annur dan Masjid Jami’ Baiturrahman.

Kegiatan Khitanan Massal dihadiri langusng Direktur PC LazisNU Nganjuk Subhan Abu Rizal, Ketua MWC NU Kertosono Mudawwim yang didampingi Jajaran Pengurusnya, Ketua LazisnU Kertosono Nikmatirrohmah, Kepala Desa Tembarak Johan Harmoko, serta Pengurus Takmir Masjid Annur Perumahan Tembarak.

Mengawali sambutannya, Mudawwim yang mewakili Ketua Tanfidyah NU Kertosono sekaligus LazisnU Kertosono mengaku bangga dedikasi dan kepeduliaan yang tinggi meski dalam situasi Pandemi Covid-19 dan khidmah dari Bano- bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dengan wujud kepeduliannya mewadahi Khitanan massal secara gratis.

“Khitan saat ini sudah tidak lagi menjadi tradisi untuk umat islam saja, bahkan pada non muslim menjadikan khitan sebagai salah satu kemanfaatan yang ditinjau dari sisi kesehatan dan kebersihan alat reproduksi manusia”imbuhnya.

Perwakilan Takmir Masjid Annur, Bandung Sumarsono menyampaikan terima kasih atas kepercayaan MWC NU Kertosono kepada warga Perumahan Tembarak membantu memberikan dukungan penuh dan menjadi lokasi pelaksanaan program Khitan Ceria LazisNU Kertosono.

Johan Harmoko Kepala Desa Tembarak yang hadir mendampingi program lazisnu diwilayahnya memberikan ucapan selamat dan semangat pada anak-anak dalam mengikuti program khitan massal ceria dan berharap program ini akan semakin luas dan menyebar manfaat di berbagai wilayah di Kertosono.

Suharbiyanto warga Tembarak yang membawa putranya sebagai peserta khitan memberikan apresiasinya atas program yang dilaksanakan LazisNu Kertosono yang membantu orang tua melaksanakan anjuran sebagai muslim sebagaimana dituntunkan semasa Nabi Ibrahim As.

Program unggulan Tahunan LazisNu Kertosono dalam pelaksanaannya juga menjalin sinergi LKNU Kertosono bersama LKNU Nganjuk serta PC LazisNU Nganjuk sehingga penanganannya dikemas secara professional dan menyenangkan . ditambah pula, Layanan Gratis pasaca Khitan di Klinik LKNU Kertosono serta berbagai bingkisan menarik yang disiapkan oleh Panitia kepada setiap peserta khitan.

Khitan Massal Ceria meski dilaksanakan dalam masa Pandemi Covid-19, terlihat dilokasi Sarana dan Prasarana Protokoler Kesehatan tetap diuatamakan seperti tempat Cuci Tangan sebelum memasuki area, kontrol suhu tubuh dengan Thermogun pada setiap peserta dan undangan yang hadir. Bahkan teknis antrian dengan membagi 2 lokasi khitan dengan penanganan 5 orang Dokter Ahli dan Professional serta penerapan Physical Distancing tetap menjadi perhatian dari Panitia Pelaksana.(ansyori)